BMKG Prediksi Potensi Banjir Rob, Wilayah Banten juga Termasuk

Ilustrasi banjir rob
Sumber :
  • bimata.id

BantenBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan prediksi akan terjadinya potensi banjir pesisir atau disebut dengan banjir rob, beberapa wilayah Banten termasuk prediksi tersebut.

Gempa Bumi Merusak Banten dan Jawa Barat Pernah Terjadi Pada 27 Februari 1903

Seperti informasi yang telah kami rangkum, Jumat 23 Desember 2022, wilayah di Banten yang sudah terjadi banjir pesisir diantaranya Labuan di Pandeglang dan Anyer di Serang.

Seperti rilis yang disampaikan pada hari Senin 19 Desember 2022, potensi banjir rob di wilayah Indonesia terdapat 20 wilayah pesisir yang berpotensi banjir rob, salah satunya wilayah Banten.

Ada 46 Gempa Bayah Susulan di Samudra Hindia

Kepala Maritim BMKG Pusat, Eko Prasetyo, dalam rilisnya menyampaikan potensi rob karena adanya fenomena bulan bary pada 23 Desember 2022 dan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi pada 24 Desember 2022, hal tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasar air laut maksimum.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi di puluhan wilayah pesisir Indonesia, yaitu pesisir Aceh, Sumut, Sumbar, Lampung, Kepri, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, NTB, NTT Kalbar, Kalteng, Sulut, Maluku Utara, Utara Papua dan Papua Selatan". dijelaskan Eko dalam rilis tersebut.

Analisa Gempa Bayah, BMKG: Cerminan Gempa Megathrust

Eko juga menuturkan bahwa potensi banjir di setiap wilayah memiliki perbedaan waktu, baik hari atau tanggal.

"Secara umum (banjir rob) berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat" tutur Eko.

Halaman Selanjutnya
img_title