8,6 Kilometer Jalan di Tangerang Terapkan Aspal Berbahan Plastik Kresek

Pembangunan jalan di Tangerang dengan aspal plastik
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Sepanjang 8,6 kilometer jalan di wilayah Kabupaten Tangerang, tepatnya pada proyek pembangunan residence di kawasan BSD City,  Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, diresmikan pertama kali, sebagai lokasi jalan yang menggunakan bahan baku aspal plastik.

ASN Maju Dalam Pilkada 2024, KPU Tangerang : Wajib Undurkan Diri Lebih Dulu

Pejabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony mengatakan, Kabupaten Tangerang menjadi wilayah dengan contoh jalan aspal plastik pertama.

Dimana, sepanjang 8,6 kilometer jalan menggunakan aspal dengan bahan tambahan 164,2 juta lembar sampah plastik.

Ancaman Global Warming, Pengusaha Hunian Diminta Perhatikan Kriteria Sustainability

"Sebanyak 164,2 juta lembah sampah plastik tercampur dengan bahan aspal ini. Dan merupakan suatu inovasi yang tidak hanya mencerminkan semangat keberlanjutan tapi juga menjadikan tonggak sejarah baik tingkat sejarah baru bagi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tangerang," katanya, Rabu, 13 Desember 2023.

Lanjut dia, plastik yang digunakan sebagai bahan aspal ini juga menjadi cara pengurangan produksi sampah plastik, yang mana tercatat berdasarkan dari data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, dalam sehari dapat memproduksi timbunan sampah yang mencapai 2.272 ton.

KPU Tangerang : Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Bulan Mei

"Produksi sampah kita per hari itu 2.272 ton dengan komposisi sampah plastik mencapai 15 persen atau sebanyak 340 ton. Dan dengan cara ini, tentu kami harap bisa segera mengurangi produksi sampah plastik dan mampu dijadikan hal yang lebih bermanfaat," ujarnya.

Sementara itu, Circular Economy and Partnership Manager PT Chandra Asri Petro Chemical, Nicko Setyabudi mengatakan, sesuai dengan aturan, pihaknya menggunakan sampah plastik berupa kresek. Yang mana telah dilakukan uji coba sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title