RSUD Kota Tangerang Siapkan Skema Fast Track Bagi Caleg Stres Gagal Pemilu

RSUD Kota Tangerang
Sumber :
  • sherly (tangerang) / viva

Banten VIVA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, menyiapkan alur layanan kesehatan (yankes), bagi para calon legislatif (caleg) yang mengalami stres atau gangguan jiwa, lantaran kalah dalam Pemilu 2024.

Hardiknas, Pelajar Tangerang Ikuti Program A Day In My Life 'Jadi Wali Kota Tangerang'

Kepala Humas RSUD Kota Tangerang, drg. Fika mengatakan, layanan kesehatan yang disiapkan pihaknya bagi caleg stres merupakan jalur fast track.

"Kita memang tidak menyediakan poli atau klinik kejiwaan khusus untuk pasien caleg stres, karena gagal di Pemilu 2024. Tapi, kita bantu untuk fast track pendaftaran, konsultasi dan proses pengambilan obatnya," katanya, Jumat, 17 November 2023.

10 Parpol Yang Duduk di Kursi DPRD Banten

Dijelaskan, untuk alurnya, para pasien gangguan kejiwaan yang memang memenuhi indikasi medis dan memiliki jaminan JKN atau BPJS Kesehatan, maka pasien diminta rujukan ke faskes pertama.

Selanjutnya, jika sudah memiliki jaminan kesehatan maka akan  mendapat rujukan fasilitas kesehatan di RSUD Kota Tangerang. Yang kemudian, langsung dirujuk ke klinik Jiwa, untuk bertemu dokter spesialis kejiwaan. 

Caleg Terpilih Golkar dari Palka Kawal Andika Hazrumy Serahkan Formulir Pendaftaran ke PDIP

"Berobat ke klinik jiwa, pemeriksaan dokter spesialis dan lakukan pengobatan. Kami ada dua dokter spesialis kejiwaan," ujarnya.

Nantunya, bila pasien diperlukan tindakan lebih lanjut seperti rawat inap, maka akan disesuaikan dengan kemampuan RSUD Kota Tangerang, mulai dari tenaga medis hingga peralatan dirumah sakit. 

Halaman Selanjutnya
img_title