7 Desember Diperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional, Ini Penjelasan Sejarahnya

Ilustrasi Tanggal Penting di bulan Desember
Sumber :
  • Pixabay

Banten.viva.co.id - Tanggal 7 Desember diperingati sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional. Tujuannya untuk membantu membangkitkan dan memperkuat kesadaran di seluruh dunia akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi pembangunan sosial dan ekonomi.

Prabowo Sindir Politisi yang Suka ’Lompat-lompat’ Partai: Belum Tentu Bermanfaat!

Berikut ulasan sejarah dan tema Hari Penerbangan Sipil Internasional 2023. 

Dikutip dari situs Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Day (ICAO) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dijelaskan Hari Penerbangan Sipil Internasionalditetapkan pada tahun 1994 sebagai bagian dari kegiatan peringatan 50 tahun ICAO. 

Ketum PBB Yusril Blak-blakan 'All Out' Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Pada tahun 1996, berdasarkan inisiatif ICAO dan dengan bantuan Pemerintah Kanada, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa secara resmi mengakui tanggal 7 Desember sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional dalam sistem PBB.

PBB dan negara-negara di dunia kini telah mengadopsi Agenda 2030, dan memulai era baru dalam pembangunan berkelanjutan global, pentingnya penerbangan sebagai mesin konektivitas global yang menjadikan penerbangan internasional sebagai sebuah upaya untuk mencapai tujuan tersebut. 

DBD Mewabah di Cilegon, Satu Nyawa Melayang

Tema Hari Penerbangan Sipil Internasional

Dewan ICAO menetapkan tema peringatan khusus untuk Hari Penerbangan Sipil Internasional. Di antara tahun-tahun peringatan ini, perwakilan Dewan memilih satu tema untuk periode empat tahun penuh. Diketahui setiap lima tahun sekali, bertepatan dengan peringatan ICAO (2014/2019/2024/2029/dst.).

Halaman Selanjutnya
img_title