Mendunia, Progres Timnas Indonesia Dipuji Robin van Persie, Giovanni van Bronckhorts dan Nathan Ake

Robin van Persie dan Giovanni van Bronckhorts
Sumber :
  • Istimewa

Banten.viva.co.id – Keberadaan pemain diaspora terbilang sangat membantu perkembangan permainan Timnas Indonesia, terlebih dengan masuknya Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Nathan Tjoe-A-On membuat permainan skuad Garuda meningkat, setidaknya dilihat saat menghantam Vietnam 0-3 di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret 2024 lalu.

Tempat Nobar Timnas Indonesia Melawan Korea Selatan di Piala Asia U23

Melihat itu semua, banyak yang menganggap kalau ke depan level sepak bola Indonesia akan bisa setara dengan tim-tim besar Asia macam Jepang, Korea Selatan, Iran dan lain sebagainya. 

Bukan tidak mungkin, segala prediksi itu akan benar terjadi. Bahkan hal itu turut diyakini oleh 2 mantan pemain Timnas Belanda, Robin van Persie dan Giovanni van Bronckhorst. Selain itu, ada juga bek Manchester City Nathan Ake yang turut mengomentari penampilan debut mantan rekan setimnya di tim Junior Belanda Thom Haye.

Persimpangan Jalan Shin Tae Yong, Timnas Indonesia atau Korea Selatan?

Manuver yang dilakukan PSSI untuk menggaet pemain keturunan berkualitas sampai sejauh ini hasilnya bisa dibilang cukup bagus, di mana tambahan empat pemain diaspora baru yakni Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Nathan Tjoe-A-On terbukti bisa memberikan impact signifikan.

Timnas Indonesia

Photo :
  • Istimewa
Jelang Indonesia Vs Korea Selatan di Perempatfinal Piala Asia U23 2024, Rizky Ridho Ungkap Hal Ini

Bahkan publik tanah air sudah tak sabar melihat Timnas Indonesia tampil full team ketika melawan Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2024 mendatang. Diharapkan dengan komposisi skuad yang jauh lebih komplit, hasilnya bisa jauh lebih baik dari laga sebelumnya.

Warganet menilai, kalau standar yang ditetapkan coach Shin Tae Yong memilih pemain keturunan tidak main-main, disebutkan pemain yang bisa membela Timnas Indonesia adalah pemain dengan level kualitas yang dibutuhkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title