Terganggu Karena Hidung Tersumbat? Ini Penyebab dan 7 Cara Mudah Mengatasinya

Ilustrasi hidung tersumbat.
Sumber :
  • Pixabay

Banten.viva.co.id – Mengalami hidung tersumbat ketika cuaca dingin dapat menjadi tanda bahwa hidung sedang menjalankan tugasnya. Lantas, apa penyebab hidung tersumbat saat dingin dan bagaimana cara mengatasinya? 

Cek Layanan Kesehatan, Pj Walkot Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Cuaca merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Saat cuaca dingin, banyak orang mengeluhkan mengalami hidung tersumbat.

Pada dasarnya, hidung bertugas untuk menyaring, memanaskan, dan melembabkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Ketika udara dingin masuk ke dalam hidung, selaput hidung akan mengeluarkan air dan lendir untuk mempertahankan kondisi ideal dalam hidung, serta menambah kelembapan dan kehangatan. 

RS di Tangerang Hadirkan Teknologi Smart Pump Monitoring System Pertama di Dunia

Semakin dingin dan kering kering udara, semakin banyak air dan lendir yang diproduksi, sehingga dapat menyebabkan hidung tersumbat. 

Namun, hidung tersumbat dapat menjadi pertanda penyakit. Berikut ini beberapa penyebab lain hidung tersumbat saat dingin.

Dipuji Jokowi Berhasil Bangun RSPPN, Pakar Sebut Prabowo Berhasil Bangun Infrastruktur Kesehatan

1. Alergi

Salah satu penyebab hidung tersumbat saat cuaca dingin adalah alergi rinitis (hay fever).

Reaksi alergi ini biasanya muncul dan bertambah parah pada musim tertentu, misalnya ketika musim hujan. Itu sebabnya kondisi ini dikenal dengan istilah alergi musiman atau seasonal allergy.

Halaman Selanjutnya
img_title