Banyak Diminati, Ini Jenis-Jenis Bisnis Franchise Beserta Contohnya

ilustrasi franchise
Sumber :
  • Google Image

Banten – Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah waralaba atau franchise. Akan tetapi, nggak bisa dimungkiri masih banyak orang yang belum sepenuhnya tahu apa itu franchise. Maka dari itu, penulis membuat artikel ini agar kamu semua semakin paham sama jenis usaha yang satu ini.

Apa Itu Franchise?

Pemkab Tangerang Dorong Penguatan Produk Lokal Sebagai Tulang Punggung Ekonomi Daerah

Franchise merupakan jenis bisnis di mana pelaku usaha menjual produk melalui pihak lain yang menggunakan merek, hak paten, dan prosedur yang disediakan pelaku usaha tadi atas dasar perjanjian sah oleh kedua pihak.

Selanjutnya, apa itu franchise fee? Pada awal pembukaan franchise, orang yang mendapatkan hak waralaba (franchisee) harus membayar sejumlah biaya atau disebut franchise fee kepada pemilik waralaba (franchisor).

Jadi Narasumber Workshop, Wimam Pradana Putra Ingatkan Pentingnya Melihat Peluang Usaha

Hal ini berbeda dengan royalty fee yang dibayar franchisee kepada franchisor dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Bentuk-Bentuk Waralaba Berdasarkan Wujud Produk dan Negara Asal

Jenis waralaba sendiri ada berbagai macam. Pada artikel ini, franchise terbagi menjadi dua kategori antara lain berdasarkan wujud produk dan negara asal. Adapun berdasarkan wujud produk, franchise dibagi menjadi 3 yaitu:

Halaman Selanjutnya
img_title
Jawaban Apakah Kalian Pernah Melakukan Kegiatan Bisnis Melalui Media Sosial yang Kalian Miliki?