Kota Cilegon, Daerah Terkcil tapi Paling Sultan di Provinsi Banten

Kota Cilegon
Sumber :
  • Anak Cilegon

BantenKota Cilegon atau dijuluki Kota Baja karena pemasok besi baja terbesar se-Asia ini merupakan daerah terkecil di Provinsi Banten akan tetapi merupakan kota terkaya di Banten.

Catatan Gapasdap Merak Soal Arus Mudik Idul Fitri 2024 di Selat Sunda

Selain dikenal dengan Kota Baja, Cilegon juga sangat terkenal dengan club sepakbola yang dibeli Rafi Ahmad, yaitu Cilegon United yang kini menjadi RANS Nusantara FC.

Kemudian Pelabuhan Merak juga tak luput dari identitas Kota Cilegon, merupakan Pelabuhan terbesar di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera (Pelabuhan Merak - Pelabuhan Bakauheuni).

Lahir di Kampung, Cagub Banten Ini Nostalgia Bareng Warga Mainkan Bendrong Lesung

Namun tahukah kamu, Kota Cilegon meskipun daerah terkecil di Banten tapi menjadi kota terkaya?

Jumlah penduduk di Banten paling sedikit, yaitu sebanyak 450.271 jiwa, selain itu menjadi daerah tersempit dengan luas hanya 175,50 km persegi.

Jumlah Perputaran Uang di Banten Selama Idul Fitri 2024, Mencapai Triliunan Rupiah

Namun pendapatan di Kota Cilegon, berdasarkan data PDRB Perkapita mencapai Rp 250,22 juta, ini adalah pendapatan terbesar di Banten, mengalahkan Kota Serang yang merupakan Pusat Provinsi Banten sekaligus Ibukota Banten, dan Kota Tangerang yang berbatasan dengan Jakarta.

Bandingkan saja dengan Kota Tangerang yang penduduknya hampir 2 juta jiwa, namun PDRB di tahun 2022 Rp 78.63 juta, jauh bukan?

Halaman Selanjutnya
img_title