4 Cara Untuk Mendapatkan Modal untuk UMKM

4 Cara Untuk Mendapatkan Modal untuk UMKM
Sumber :

Banten – Banten – 4 Cara Untuk Mendapatkan Modal untuk UMKM. Dalam menjalankan usaha, modal memang memegang peranan yang sangat penting untuk membuat roda bisnis tetap berjalan. Dengan adanya modal, seorang entrepreneur juga bisa menggunakannya untuk mengembangkan usaha.

Perkuat Bisnis Direct Selling, Sejumlah Perusahaan Temui Kementerian Perdagangan

Namun sayangnya di lapangan masih ditemukan pengusaha yang kesulitan mendapatkan modal. Ini tentu saja sebuah hal yang memprihatinkan. Kebanyakan para pengusaha yang kesulitan memperoleh modal ini umumnya berasal dari kalangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Penyebab para pengusaha UMKM kesulitan mendapatkan modal lebih dikarenakan mereka tidak mengetahui caranya. Maka dari itu berikut ini akan disajikan beberapa informasi cara mendapatkan modal UMKM yang bisa jadi solusi untuk kondisi selama ini.

1. Melakukan Pinjaman Pada Bank

Manjakan Anabul, Hotel di Tangerang Hadirkan Kamar Kategori Pet Friendly

Cara pertama mendapatkan modal untuk UMKM adalah dengan melakukan pinjaman pada bank. Metode ini sebenarnya sudah tidak terlalu asing bagi beberapa pengusaha UMKM. Meski mengetahuinya, mereka banyak yang tidak paham prosedur cara peminjamannya.

Dengan bayangan sesuatu yang rumit maka mereka para pengusaha UMKM ini pun akhirnya mengurungkan niatnya. Meminjam dana sebagai modal ke bank sebenarnya tidak sulit atau rumit. Pinjaman modal pada UMKM yang sering disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan memiliki bunga yang kecil ini bisa diajukan dengan memenuhi beberapa syarat.

MI Sinergi Bareng Islamic Insurance Society, Dukung Penguatan Perbankan Syariah dan Asuransi Syariah

Beberapa persyaratan dalam pengajuan modal KUR di bank secara umum adalah berusia minimal 21 tahun, usaha sudah berjalan minimal 6 bulan, dokumen pendukung seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Usaha dari pemerintah desa setempat dan Jaminan.

Halaman Selanjutnya
img_title