Gawat! Tiga Rumah di Cikeusik Pandeglang Terancam Tergerus Longsor

rumah warga terancam kena longsor.
Sumber :
  • Istimewa

Banten – Tiga rumah warga Kampung Leuwikopo RT03 RW03, Desa Parungkokosan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten, terancam tergerus longsor. Rumah itu milik Aris, Hadi dan Rohimah.

H+3 Lebaran, Wisatawan Padati Pantai Carita : Pengelola Sampai Harus Buka Tutup Gerbang

Ketiga orang itu tak bisa tidur tenang lantaran ancaman longsor bisa terjadi kapan saja. Ancaman longsor tersebut akibat tebing irigasi sekunder Bendungan Cibaliung setinggi 4 meter mengalami amruk akibat pergerakan tanah.

Bhabinkamtibmas Desa Parungkokosan Bripka Supriyadi mengatakan, saat ini rumah milik Rohimah sudah dibongkar untuk dipindahkan. Sebab lokasi rumah berdiri di bantaran saluran irigasi sekunder Bendung Cibaliung.

Situasi Lalu Lintas Wisata di Pandeglang, Kapolres Ikut Atur Kendaraan

"Bahkan satu rumah milik Rohimah terpaksa harus dibongkar. Lantaran longsoran sudah sampai ke rumahnya," katanya, Selasa (15/11).

Supriyadi mengungkapkan, warga masyarakat yang tinggal di tepi saluran irigasi Bendungan Cibaliung meminta instansi terkait segera turun tangan mencegah meluasnya longsoran tanah.

Kondisi Lalu Lintas Jalur Alternatif Wisata Menuju Anyer dan Carita

"Selain rumah, longsoran juga mengancam keruskaan sawah serta jalan poros desa. Warga berharap agar instansi terkait segera membangun saluran irigasi yang rusak akibat tergerus air," ujarnya.

Sementara Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Parungkokosan, Kecamatan Cikeusik, Hadi menambahkan, longsor terjadi karena berawal dari tembok penahan tanah (TPT) saluran irigasi mengalami amblas karena pergerakan tanah.

Halaman Selanjutnya
img_title