Bandara Soetta Evaluasi Pengoperasian East Flyover : Belum Dinyatakan Sempurna

East flyover bandara soetta
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang terus melakukan evaluasi terhadap pengoperasian east flyover yang dilakukan sejak 1 April 2024.

91 Ribu Kendaraan Pemudik dari Pulau Sumatera Belum Nyebrang ke Jawa

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, masih banyak pengguna jalan yang belum familiar terkait dengan pengoperasian jalur baru tersebut.

"Jadi kalau kita lihat setelah dioperasikan, memang pertama tentunya pengguna jalan di bandara belum familiar. Jadi, masih terjadi beberapa kendaraan yang harus diarahkan, sehingga memang ini belum dinyatakan bisa sempurna. Masih terus dievaluasi," katanya, Kamis, 4 April 2024.

Arus Balik Mudik, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Meningkat

Lanjut dia, untuk pergerakan lalu lintas menuju pintu masuk bandara, bila diperhatikan arus kendaraan yang masuk ke bandara sudah terlihat lebih lenggang.

"Ada sedikit terlihat di pagi hari, khususnya peak hour itu lebih lenggang dibanding belum di operasikannya east flyover. Hanya memang, perlu adaptasi dari pengguna jalan, karena secara desain harusnya berdampak signifikan, mengingat fungsi utamanya mengurai titik simpul kendaraan, u-turn dan lain-lain. Sehingga, perlambatan arus ini menjadi lebih berkurang," ungkapnya.

Kepadatan Arus Balik Mudik di Jalur Darat, Menhub Minta Pemudik Pulang Besok Hari

East Flyover merupakan jalur yang menghubungkan akses dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta via Perimeter Utara dan Perimeter Selatan melewati jembatan utama.

Dengan dilakukannya pengalihan arus lalu lintas menuju bandara via Perimeter Utara dan Perimeter Selatan, East Flyover (area pintu masuk bandara) resmi beroperasi. Langkah ini diambil sebagai respons atas meningkatnya volume kendaraan dan demi memastikan pengalaman perjalanan penumpang ke bandara lebih lancar.

Halaman Selanjutnya
img_title