KPU Catat 112 KPPS Sakit dan 5 Orang Meninggal Dunia di Banten

Ilustrasi Meninggal
Sumber :
  • Pixabay/soumen82hazra

Banten.Viva.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat ada 112 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas penertiban mengalami sakit dan lima orang meninggal dunia.

Penyelenggara Pemilu Yang Gugur Diberi Gelar Pahlawan Demokrasi

Anggota KPU Provinsi Banten, Muhamad Ali Zaenal Abidin mengatakan, 112 orang tersebut tersebar di delapan Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten. Sementara yang meninggal dunia d tiga wilayah.

"Ada lima orang yang meninggal dunia dari tanggal 14 Februari sampai 17 Februari. Kabupaten Serang 1 orang, itu petugas penertiban, Kabupaten Tangerang 3 orang dan Kota Tangerang 1 orang, jadi total 5 orang," ucap Ali Zaenal, Minggu (18/2/2024).

Suara Salah Satu Caleg Menggelembung Hingga 100 Suara, 7 TPS di Kota Serang Gelar Penghitungan Ulang

Menurut Ali Zaenal, petugas yang sakit dan meninggal dunia mengalami keluhan kecapean, mual dan pusing saat melakukan pemungutan suara.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, mereka mengeluhkan mual, cape dan kelelahan," ungkap Ali.

Petugas KPPS Meninggal di Banten Ada 17 Orang

Padahal kata Ali, dalam proses rekrutmen petugas KPPS telah melampirkan surat keterangan sehat. Bahkan KPU Banten juga melalui petunjuk teknis (Juknis) tugas KPPS harus makan, minum vitamin dan istirahat yang cukup sebelum bertugas.

"Sudah diantisipasi sebetulnya, waktu proses rekrutmen sampai ke penugasan juga," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title