KPU Provinsi Banten : Anggota KPPS Cukup Kelelahan dalam Pemilu 2024

Simulasi pemungutan suara pada Pemilu 2024 di Kabupaten Tangerang
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Banten menyebutkan, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) cukup kelelahan dalam pelaksanaan pemilu 2024.

Bawaslu Banten Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024, Begini Caranya!

"Kalau dari laporan yang diterima, ada anggota KPPS yang lelah. Namun, hal itu bisa ditangani, karena memang kita sudah antisipasi dari jauh hari, supaya anggota KPPS bisa menyesuaikan waktu istirahat dan pungut hitung suara," kata Komisione KPU Provinsi Banten, Ahmad Subagja, Kamis, 15 Februari 2024.

Ia juga menerima laporan adanya seorang anggota KPPS TPS 86, Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, atas nama Satriawan (44), yang meninggal dunia.

ASN Maju Dalam Pilkada 2024, KPU Tangerang : Wajib Undurkan Diri Lebih Dulu

Dimana, ia tiba-tiba pingsan saat proses perhitungan suara sedang berlangsung, Rabu, 14 Februari 2024 malam.

"Soal yang meninggal, kami sudah dapat laporan. Dan kami turut berduka cita. Atas kejadian ini, tentu kami harapkan tidak ada hal seperti ini lagi," ujarnya.

Ancaman Global Warming, Pengusaha Hunian Diminta Perhatikan Kriteria Sustainability

Alhasil, KPU Provinsi Banten meminta  KPU di setiap daerah  untuk berkoordinasi dengan para tenaga kesehatan, agar bisa melakukan pemeriksaan pada anggota  KPPS yang sedang melakukan perhituntan suara.

"Soal kesiapan tenaga kesehatan, kita sudah koordinasikan, terutama di Tangerang, atas kasus itu. Di mana, setiap anggota KPPS yang merasa lelah, kami minta langsung istirahat, dan bisa langsung menghubungi tenaga kesehatan. Karena, sesuai aturan pun proses perhitungan suara bisa digelar sampai jam 12.00 WIB hari ini. Jadi kami minta tetap jaga kesehatannya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title