Prediksi Puncak Penyebrangan Nataru di Pelabuhan Merak

Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Viva.co.id

Banten.Viva.co.id - PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak bersama instansi lainnya, terus melakukan persiapan untuk menyambut libur panjang natal dan tahun baru 2024.

Catatan Gapasdap Merak Soal Arus Mudik Idul Fitri 2024 di Selat Sunda

Puncak libur natal dan tahun baru di Pelabuhan Merak, diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023, dengan kenaikan penumpang diperkirakan sebanyak 15 persen, dibandingkan tahun lalu.

"Kenaikan 15 persen itu, prediksi kenaikan moment nataru 2023 itu kita di sekitar 13.447 kendaraan," ujar Benny Nurdin Yusuf, Kepala BPTD Banten, Selasa, 19 Desember 2023.

Jumlah Perputaran Uang di Banten Selama Idul Fitri 2024, Mencapai Triliunan Rupiah

Jalan Cikuasa Atas hingga sejumlah rest area di Tol Tangerang-Merak akan dimandikan kantung parkir, jika terjadi penumpukkan kendaraan di dalam Pelabuhan Merak.

"Seperti Cikuasa Atas, gerbang tol, rest area 43-68 itu semua. Pola angkutan lebaran itu juga tetap kita berlakukan, seperti delaying system dan sebagainya," jelasnya.

Catatan Mudik, Wisata Hingga Arus Balik Idul Fitri 2024

Melihat kapasitas dermaga, Benny meyakini tidak akan terjadi kepadatan lalu lintas hingga keluar Pelabuhan Merak. Meski begitu, pihaknya tetap menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas.

Tim pengawasan yang melibatkan BPTD, Pelindo, PT ASDP, hingga operator kapal juga telah dibentuk. Mereka telah diberi pedoman Standar Operasional Prosedur (SOP) jika terjadi kepadatan antrian kendaraan yang akan menyebrangi Selat Sunda.

Halaman Selanjutnya
img_title