14 Ribu Pelajar Tangerang Pecahkan Rekor Dunia Baca Tulis Quran Terbanyak

Ribuan Pelajar Pecahkan Rekor BTQ
Sumber :
  • sherly (tangerang) / viva

Banten VIVA - Sebanyak 14.673 pelajar dari SD, MI, Mts dan SMP dari negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten Tangerang berhasil memecahkan rekor dunia dengan kategori pembacaan Al Qur'an Juzz 30 secara serentak. Pembacaaan ayat suci Al-Qur'an ini digelar di Masjid Agung Al-Amjad, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jumat, 17 November 2023. 

ASN Maju Dalam Pilkada 2024, KPU Tangerang : Wajib Undurkan Diri Lebih Dulu

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan pemecahan rekor dunia ini telah melebihi target yang telah ditentukan. Dimana, pada target pelibatan peserta dari SD, MI, Mts dan SMP dari Negeri maupun swasta sebanyak 10.000 ribu pelajar. Namun, acara gebyar baca tulis Al Quran tersebut melebihi target sebanyak 14.673 pelajar. 

"Hal ini membuktikan bahwa gebyar (baca tulis Al Quran) menjadi budaya, kebiasaan yang harus kita jalani umat Islam dalam rangka pembacaan Al Quran juz 30 atau mungkin ayat suci lainnya, insya Allah dimulai kegiatan gebyar ini trus kita Kumandangkan di sekolah-sekolah," katanya.

Ancaman Global Warming, Pengusaha Hunian Diminta Perhatikan Kriteria Sustainability

Lanjut dia, hal ini turut menandakan juga upaya pemerintah daerah dan masyarakat menjabarkan program unggulan berupa, visi-misi masyarakat Kabupaten Tangerang yang religius. 

"Mudah-mudahan kita terus melaksanakan budaya membaca Alquran keseharian masyarakat kita. Dan, Insya Allah secara formal akan dilaksanakan setiap tahun untuk terus meningkatkan jumlah pesertanya," ujarnya. 

KPU Tangerang : Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Bulan Mei

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana mengatakan, pembacaan Al-Qu'ran juzz 30 yang digelar secara serentak ini tidak hanya digelar di satu titik melainkan, berada digelar di seluruh Kecamatan wilayah Kabupaten Tangerang. yang mana, dalam kegiatan ini pun, nyatanya telah melebihi dari target yang ditentukan.

"Alhamdullilah berdasarkan hasil pencatatan RHR tercatat bahwa jumlah peserta yang mengikuti 14.673 siswa. Alhmdullilah ini pencapaian yang luar biasa bagi kita karena ini baru yang pertama kali. Mudah-mudahan tahun berikutnya kita akan menggerakkan lebih masif lagi, sebagaimana capaian visi misi kita masyarakat Kabupaten Tangerang Religius," ungkapnya.