7 Warga Banten Teridentifikasi Suspect Cacar Monyet

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti
Sumber :
  • Yandi Sofyan/banten.viva.co.id

Banten.viva.co.id –  KepalaDinas KesehatanAti Pramudji Hastuti menyebut ada 7 warga di Banten yang diduga terkenacacar monyetdan saat ini sedang dilakukan uji laboratorium untuk memastikan penyakitnya.

Bawaslu Banten Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024, Begini Caranya!

Meski begitu, diakui Ati, saat ini pihaknya masih melakukan siaga 3 penyakit cacar monyet dengan terus bergerak melakukan pencegahan penyakit cacar monyet di Provinsi Banten .

“Ada sekitar 7 orang tersangka, tersangka baru, harus diuji dulu. Dan semuanya tersebar di wilayah Tangerang Raya,” kata Ati, Kamis 2 November 2023.

Cek Layanan Kesehatan, Pj Walkot Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Meski belum ada dampak buruk yang ditimbulkan dari cacar monyet, namun Ati mengaku sudah mengirimkan tim pengawas untuk melakukan pemantauan terhadap 7 orang yang diduga cacar monyet.

"Inshaallah kalau cacar monyet ga ada dampak buruknya. Tapi tetap kita melakukan pemantauan karena ada tim pengawasan, dan yang terpenting gejala mereka, apa yang jadi keluhan mereka itu kita obati," ungkapnya.

RS di Tangerang Hadirkan Teknologi Smart Pump Monitoring System Pertama di Dunia

Sementara itu, Laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penyakit Cacar Monyet atau MPox ini sebagai darurat kesehatan masyarakat global pada Juli 2022. Laporan WHO juga menyebutkan adanya kekhawatiran bahwa masalah MPox ini agak terabaikan di wilayah Asia Tenggara karena kurangnya akses terhadap fasilitas medis yang mampu. 

Ketua Satgas MPox PB IDI , Dr Hanny Nilasari, Sp DVE mengatakan, kesadaran masyarakat terhadap penyakit cacar monyet menjadi salah satu alasan utama diabaikannya penyakit ini di Asia Tenggara. 

Halaman Selanjutnya
img_title