Gelar Rakernas, IWAPI : UMKM Penopang Tumbuhnya Ekonomi Nasional

Rakernas IWAPI di Tangerang
Sumber :
  • istimewa

Banten.VIVA.co.id - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar rapat kerja nasional atau rakernas yang dilaksanakan di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Ekonomi Banten Melambat dan Inflasi Meningkat Pada Triwulan ke 1

Dalam rakernas tersebut, UMKM menjadi pembahasan utama berkaitan dengan perannya sebagai penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi mengatakan, bahwa UMKM memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional, bahkan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia saat krisis moneter ditahun 1998 dan 2008.

Sejumlah Kendaraan Mogok Usai Terjang Banjir di Jalan Puspemkab Tangerang

"IWAPI ini 98 persen anggotanya pelaku usaha UMKM dan 2 persen berskala usaha besar. Dalam pembahasan ini pun, kami juga mengangkat pemanfaatan teknologi (Transformasi Digitalisasi) menjadi hal yang mutlak dilakukan UMKM agar dapat berkembang," katanya, Rabu, 25 Oktober 2023.

Lanjut dia, para pelaku harus paham dam siap akan tantangan yang saat imi terjadi para  di era industri 4.0 yang mana, berkaitan dengan pemanfaatan teknologi.

Lepas Jamaah Calon Haji Tangerang, Kemenag Banten Terima Kuota Limpahan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh UN Women bahwa digitalisasi akan sangat membantu UMKM, khususnya pelaku perempuan untuk bertahan, bahkan berkembang jika mereka menggunakan dan memanfaatkan digitalisasi.

Hal ini, karena akan lebih memahami akan pentingnya pemasaran, pengelolaan keuangan dan berkelanjutan usaha (going concern) bagi perkembangan bisnis, serta melalui digitalisasi perempuan pengusaha akan mampu menyeimbangkan antara kegiatan mencari nafkah dengan tetap mengurus rumah tangganya dengan menjangkau pasar yang sangat luas (global market).

Halaman Selanjutnya
img_title