Kemenko Marves Pantau Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing

Kebakaran TPA Rawa Kucing
Sumber :
  • sherly (tangerang) / viva

Banten.VIVA.co.id - Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi melakukan pemantauan kebakaran yang terjadi di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa, 24 Oktober 2023.

Pendatang di Tangerang Menurun Hingga 50 Persen

Dalam pemantauan tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Nani Hendiarti mengatakan, bila berdasarkan laporan hampir 80 persen lahan TPA Rawa Kucing.

"Upaya penanganan kebakaran di TPA Rawa Kucing sangat baik, dengan luas TPA Rawa Kucing yang hampir 35 hektar dan 80 persen lahannya terbakar, sampai hari kelima api sudah tidak terlihat dan hanya menyisakan gumpalan asap," katanya.

Cek Layanan Kesehatan, Pj Walkot Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Lanjutnya, selain penanganan, adanya skenario yang baik oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk tidak menghentikan layanan pengangkutan sampah.

"Untuk skenarionya juga cukup baik untuk pengangkutan sampah. Begitu juga dengan proses pemadamannya, dengan bantuan baik daei jalur udara dan darat. Kita juga mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang sekiranya diperlukan untuk membantu penanganan kebakaran," ujarnya.

Masih Perjalanan Mudik, Puluhan ASN di Tangerang Ikut Program WFH

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyampaikan tentang urgensi penerapan PSEL sebagai salah satu langkah untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di sejumlah TPA di Indonesia.

"Iya karena tidak hanya di sini tetapi juga di 20 TPA lain yang ada di Indonesia juga mengalami hal yang sama. Makanya perlu segera direalisasikan soal PSEL dan sudah disampaikan ke Deputi," ungkapnya.