Naturalisasi Mats Deijl Gagal, Fans Malaysia Tuduh PSSI Berkolusi dengan FIFA Disorot Media Vietnam

Para pemain Timnas Indonesia
Sumber :
  • Instagram @mario_sonatha

Banten.viva.co.id – Keberhasilan PSSI yang mampu menaturalisasi sejumlah pemain Timnas Indonesia dengan lancar menjadi sorotan media Vietnam. Pasalnya, pengajuan Malaysia menaturalisasi telah ditolak oleh FIFA.

Meski Harga Tiket Mahal & Kuota Dibatasi, Fans Garuda Siap Invasi Stadion Bahrain tuk Dukung Timnas

Diketahui, PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir berhasil menaturalisasi sejumlah pemain dalam satu tahun terakhir. Mulai dari Thom Haye, Calvin Verdonk, Maarten Paes, hingga yang terbaru Mees Hilgers serta Eliano Reijnders.

Sementara Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) gagal menaturalisasi Mats Deijl setelah FIFA menyebut kapten Go Ahead Eagles itu tidak bisa memperkuat timnas Malaysia. 

Pernah Main Bareng Cristiano Ronaldo, Mantan Pemain Real Madrid Ini Resmi Merapat ke Malaysia

Dalam keterangannya, FIFA menyatakan bila darah Malaysia yang dimiliki Mats Deijl berasal dari nenek moyang (ibu dari kakek Deijl). Sementara aturan FIFA menyebut bila pemain yang boleh dinaturalisasi harus memiliki darah maksimal dari kakek atau nenek.

Mats Deijl

Photo :
  • Viva.siap
Iri dengan Indonesia, Erick Thohir Diminta Bantu Thailand Cari Pemain Naturalisasi

Selain itu, FIFA dalam surat pernyataan ke FAM menyebut jika Mats Deijl bisa dinaturalisasi jika kakek atau neneknya lahir di Malaysia, atau jika Deijl tinggal di Malaysia lebih dari lima tahun.

Kondisi Indonesia yang lancar dalam melakukan naturalisasi dibandingkan Malaysia yang kesulitan menaturalisasi pemain, mendapat sorotan media Vietnam Soha. Soha mengutip sejumlah netizen Malaysia dan China, yang merupakan lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menyebut PSSI sudah 'berkolusi' dengan FIFA.

Halaman Selanjutnya
img_title