Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 93, 94 Kurikulum Merdeka, Deskripsi dan Surat Penawaran

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 Halaman 93, 94
Sumber :
  • Pixabay/Jarmoluk

Banten.viva.co.id â€“Mari kita simak yuk adik-adik, berikut adalah soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 93, 94 Kurikulum Merdeka

Pada kunci jawaban Bahasa Indonesia untuk kamu siswa kelas 10 terutama pada halaman 93, 94 membahas tentang teks negosiasi dalam bentuk deskripsi dan surat penawaran

Nah agar lebih memahami materi yang akan diajarkan, langsung saja yuk kita simak berikut ini adalah ulasan tentang kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 93, 94 Kurikulum Merdeka. 

Tugas 

Setelah mencermati deskripsi perusahaan dan surat penawaran diatas, silakan bentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 anggota. 

Selanjutnya, lakukan diskusi kelompok untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.

1. Menurut kalian, apa saja perbedaan kedua teks di atas berdasarkan bentuk dan jenisnya!

2. Menurut kalian, apakah perbedaan kedua teks di atas berdasarkan tujuan penulisannya?

3. Pada teks satu dan dua terdapat frase harga kompetitif dan harga bersaing. Jelaskan apa maksud dari kedua frase tersebut!

4. Apa saja perbedaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan teks dua? Jelaskan!

5. Apa saja persamaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan dua? Jelaskan!

6. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah teks tersebut telah cukup sesuai dan lengkap? Apabila belum lengkap, tuliskan saran perbaikannya!

7. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah kalimat-kalimat dalam teks tersebut telah cukup efektif, jelas, dan mudah dipahami? Apabila belum, tuliskan saran perbaikannya!

8. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah bahasa surat tersebut sudah cukup baik dan santun? Apabila belum baik dan santun, tuliskan saran perbaikannya!

9. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah isi dan alasan dalam surat

tersebut sudah tepat dan menarik? Apabila belum tepat dan menarik, tuliskan saran perbaikannya!

10. Setujukah kalian jika surat penawaran tersebut termasuk teks negosiasi? Jelaskan alasannya!

Jawaban: 

1. Perbedaan antara dua teks tersebut adalah teks pertama adalah deskripsi perusahaan yang menjelaskan profil perusahaan PT Rajin Sukses Kreatif. Sementara teks kedua adalah surat penawaran yang ditujukan kepada PT Tekun Sabar Mandiri.

2. Perbedaan dalam tujuan penulisan kedua teks adalah teks pertama bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan dan memberikan informasi tentang latar belakang, sejarah, dan visi perusahaan. 

Sedangkan itu, pada teks kedua bertujuan untuk mengajukan penawaran kerja sama dalam penyediaan alat-alat kelengkapan kantor.

3. Frase "harga kompetitif" dalam teks pertama mengindikasikan bahwa perusahaan berusaha menawarkan harga yang bersaing dalam pasar. 

Sedangkan "harga bersaing" dalam teks kedua mengacu pada upaya perusahaan untuk memberikan harga yang sesuai atau sebanding dengan harga pesaing dalam penawaran mereka.

4. Perbedaan informasi tentang perusahaan antara dua teks ini adalah: 

Teks satu memberikan profil perusahaan, sejarah pendirian, lokasi kantor pusat, perkembangan perusahaan, visi, dan misi. 

Teks dua memberikan informasi kontak perusahaan, nomor surat, lampiran, dan konten penawaran kerja sama.

5. Persamaan informasi tentang perusahaan adalah bahwa keduanya menyebutkan nama perusahaan (PT Rajin Sukses Kreatif), alamat, dan lokasi Bandung sebagai basis operasi.

6. Teks deskripsi perusahaan belum cukup lengkap karena tidak memberikan detail tentang produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. 

Saran perbaikannya adalah menambahkan informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan serta sektor pasar yang dilayani.

7. Kalimat dalam teks deskripsi perusahaan sudah cukup efektif, jelas, dan mudah dipahami. Teks deskripsi tersebut memberikan gambaran yang baik tentang perusahaan.

8. Bahasa dalam surat penawaran sudah cukup baik dan santun. Namun, lebih banyak detail tentang penawaran seperti jangka waktu, jumlah, dan metode pembayaran bisa ditambahkan untuk lebih menggugah minat.

9. Isi dan alasan dalam surat penawaran sudah cukup tepat, tetapi bisa lebih menarik dengan menyoroti manfaat dan keunggulan produk yang ditawarkan, serta memberikan data yang mendukung klaim kualitas produk.

10. Surat penawaran ini dapat dianggap sebagai teks negosiasi karena mencoba untuk membujuk penerima untuk bekerja sama dengan perusahaan dalam hal penyediaan alat-alat kelengkapan kantor dengan harga yang bersaing.

Itulah tadi pembahasan mengenai kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 93, 94 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar.