Moeldoko Resmikan Platform Maritim Digital Indonesia di Banten

Kepala Staf Presiden, Moeldoko, (kemeja putih).
Sumber :
  • Yandi/BantenViva

Banten.Viva.co.id - Platform digital dunia maritim Indonesia yang diberi nama Maritim Digital Indonesia (MDI) diresmikan oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Nantinya, sistem cloud itu akan menampung berbagai aplikasi digital kemaritiman yang ada.

 

Pembangunan MDI dilakukan antara DesktopIP dan Maju Maritim Indonesia (MMI). Harapannya, semua data yang berada di luar negeri, bisa disimpan di dalam negeri, untuk kedaulatan bangsa. Sehingga data maritim dalam negeri tidak bocor ke negara lain. 

 

"Kita tidak sekedar punya teknologi digital, tapi kita harus punya kedaulatan digital. Artinya Research and Development harus diperkuat, sehingga punya produk sendiri. Ini membangun mesin cloudnya, itu yang jauh lebih penting," kata Moeldoko, di galangan kapal MMI, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Banten, Senin, 30 September 2024.

 

Hadirnya MDI diharapkan bisa jadi tonggak transformasi digital dunia maritim di Indonesia. Dimana, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan tiga perempat nya merupakan lautan, namun digitalisasi galangan kapal dan dunia maritim dalam negeri masih menghadapi berbagai tantangan.