Cawabup Tangerang Bahas PIK2 Masuk PSN : Warga Tangerang Harus Kebagian

Pantai aloha pik2 tangerang
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Calon wakil Bupati Tangerang nomor urut 2, Intan Nurul Hikmah, membahas terkait dengan lokasi proyek mandiri Pantai Indah Kosambi atau PIK 2, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, yang masuk dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Di mana, ia menyebutkan, dalam pengembangan PSN di proyek mandiri itu, warga Kabupaten Tangerang bisa mendapatkan lapangan pekerjaan di lokasi tersebut.

"Iya betul, PIK 2 masuk dalam PSN, makanya dalam kebijakan kami nantinya, supaya paling tidak warga sekitar sana bisa dapat lapangan kerja," katanya di Tangerang, Jumat, 27 September 2024.

Lanjut Intan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tangerang telah membangun Balai Latihan Kerja atau BLK yang berada di Kosambi untuk nantinya, mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mempunyai skill (kemampuan) dan daya saing, untuk bisa bekerja di kota mandiri tersebut.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah ada membangun BPK, dan nanti kami perbarui dengan adanya BLK mobile, jadi para warga di sana bisa dilatih sesuai kebutuhan di PIK2, karena kita akan ada resort dan hotel disana, jadi SDM yang dibutuhkan bisa sesuai seperti house keeping, barista lalu weaters," ujarnya.

Ditargetkan, 50 persen pekerja di kawasan PIK2 warga Kabupaten Tangerang, yang tentunya setiap SDM wajib memiliki sertifikasi kemampuan yang telah dilatih di BLK.

"Kita inginnya 50 persen, dan tentu hal ini akan dibicarakan pada pemerintah pusat kalau harus ada lapangan pekerjaan, khususnya bagi warga yang ber-KTP Kabupaten Tangerang, dan harus bersertifikasi juga sehingga dapat terukur kecakapannya, memadai atau tidak," ungkapnya.