Prediksi BMKG dan BRIN Ternyata Beda Soal Badai 28 Desember 2022

Ilustrasi cuaca hujan
Sumber :
  • Pixabay.com

Banten – Peneliti BRIN Erma Yulihastin mengatakan hujan ekstrem dan badai dahsyat yang akan terjadi pada hari Rabu 28 Desember 2022 di wilayah Jabodetabek juga termasuk Banten. Mengenai badai 28 Desember 2022 ini BMKG ternyata memiliki prediksi yang berbeda dengan BRIN.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, saat jumpa pers melalui kanal Youtube BMKG mengatakan bahwa badai ekstrem ini kemungkinan rendah di wilayah selatan barat Indonesia.

"Istilah badai, terminologi badai itu kurang lebih merupakan siklon tropis, jadi pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem, itu badai. Itu dideteksi akan terjadi tadi di wilayah sebelah utara Papua, dan juga sedang berproses, tapi kemungkinan terjadi katanya rendah di wilayah selatan barat Indonesia, itu dimaksud badai sesungguhnya," katanya, Selasa 27 Desember 2022.

Dwikorita mengatakan bahwa prediksi BMKG mengenai hujan ekstrem di Jabodetabek itu memang akan terjadi, akan tetapi bukan badai.

Hujan ekstrem itu pun bukan hanya terjadi pada 28 Desember 2022, namun juga akan terjadi sampai pada 30 Desember 2022.

Besok di Jabodetabek masih dikategorikan aman, intensitas hujan untuk besok hari ringan hingga sedang.

"Nah Jawa Barat atau Jabodetabek itu 28 Desemebr masih Hijau, jadi insyaallah tidak, jadi hijau sedang, ringan sampai sedang" katanya.